Pengenalan Interaksi Manusia Dan Komputer

March 31, 2020

Pendahuluan

Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.

Interaksi = Komunikasi 2 arah antara manusia sebgai user dan sistem komputer

Interaksi dapat maksimal apabila kedua belah pihak (user & sistem komputer) dapat memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika ada salah satu yang tidak bejalan, maka akan mengalami hambatan atau bisajadi pembiasan tujuan yang akan dicapai.

Definisi Interaksi Manusia Dan Komputer

Sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuai antarmuka (interface).

Gambar Fokus Interaksi Manusia dan Komputer

Menurut Shneiderman dan Plaisant (2010, p15), Interaksi Manusia dan Komputer adalah sebuah disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta mempelajari fenomena-fenomena besar yang berhubungan dengannya.

bidang imk

Gambar diatas adalah ilmu-ilmu yang merupakan pendukung dari Interaksi Manusia dan Komputer.

Untuk membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain :

  1. Teknik elektronika & ilmu komputer memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
  2. Psikologi memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
  3. Perancangan grafis dan tipografi sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer
  4. Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja
  5. Antropologi ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
  6. Linguistik merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
  7. Sosiologi studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.

Prinsip kerja komputer = Input -> Proses -> Output

Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi dengan sistem komputer melalui benda-benda seperti keyboard, mouse, dan monitor, dengan kita mengklik sesuatu atau mengetik huruf dan angka kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi ataupun data yang seperti diharapkan oleh kita yang akan ditampilkan di monitor ataupun di alat cetak seperti printer.

Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran.

Manusia jarang sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia baru menyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif, kurang menarik, kurang komunikatif.

Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer. Model atau jenis interaksi, antara lain :

  1. Command line interface (perintah baris tunggal) contoh : unix, linux, dos.
  2. Menu (menu datar dan menu tarik) contoh : hampir semua software menggunakan menu.
  3. Natural language (bahasa alami) contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek).
  4. Question/answer and query dialogue contoh : mysql, dbase interaktif, dll.
  5. Form-fills and spreadsheets contoh : excel, lotus, dll.
  6. WIMP - Windows Icon Menu Pointer - Windows Icon Mouse Pulldown Menu yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll .