Pengenalan Riset Pemasaran

February 2, 2020

background

Pemasaran

Pemasaran adalah suatu proses sosial dimana ada kelompok masyarakat ataupun individu ingin memenuhi kebutuhan dan keinginannya melalui suatu kegiatan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan bernilai dengan pihak lain - Philip Kolter (p.7)

Riset pemasaran adalah suatu fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan masyarakat dengan para pemasara melalui informasi-informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan peluang dan masalah pemasaran , menghasilkan , menyaring, dan mengevaluasi aktivitas-aktivitas pemasaran,memonitor kinerja pemasaran dan meningkatkan pemahaman kita atas pemasaran sebagai suatu proses - Gilbert A Churchill,Jr

Riset Pemasaran adalah pengembangan,interpretasi dan komunikasi informasi yang berorientasi pada keputusan untuk digunakan dalam proses pemasaran strategis - Bilson Simamora

Menurut Maholtra dalam American Marketing Association (AMA) mengatakan bahwa riset pemasaran adalah identifikasi, pengumpulan, analisis, dan penyebaran (pembagian) informasi yang sistematis dan objektif untuk meningkatkan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan identifikasi dan solusi masalah-masalah dan kesempatan-kesempatan dalam pemasaran.

Riset Pemasaran adalah Salah satu kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan interpretasi hasil penelitian. and long term direction.

Identifikasi yang sistematik dan obyektif dalam mengumpulkan, mengkoleksi, menganalisis dan memutuskan berdasarkan suatu informasi untuk tujuan mengembangkan pembuatan keputusan dalam hubungannya dengan identifikasi dan penyelesaian masalah-masalah dan kesempatan-kesempatan yang ada dalam pemasaran.

Fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan, dan masyarakat dengan pihak pemasar melalui informasi-informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan kesempatan-kesempatan dalam pemasaran dan masalahmasalahnya: dicari, diperbaiki, kemudian mengevaluasi aksi-aksi pemasaran sebagai suatu proses.

Hasil dari riset pasar akan menghubungkan antara pemasar dengan konsumen dengan cara menyediakan informasi penting yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah terkait pemasaran serta membantu dalam pengambilan keputusan pemasaran.

Tujuan Riset Pemasaran

untuk mendapatkan data yang akurat untuk diolah menjadi informasi agar dapat membantu pihak manajemen (terutama manajer pemasaran, maupun manajer lainnya) dalam mengambil keputusan yang efektif dan efisien, yang semua hasil riset diarahkan untuk memuaskan konsumen, dengan demikian perusahaan lebih mudah bersaimng di pasar dalam rangka memperoleh keuntungan.

Riset pasar dapat membantu perusahaan untuk menciptakan serta mengembangkan produk yang mutakhir serta sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Proses Manajemen Pemasaran

diagram

Needs, Wants, and Demands

  • Needs(Kebutuhan) menggambarkan kebutuhan dasar manusia seperti pangan, sandang, papan, pendidikan, kesehatan, rekreasi, dll
  • Needs menjadi wants(Keinginan) jika kebutuhan telah menjadi satu keinginan yang tertentu yang dapat memberikan kepuasan.
  • Demands(tuntutan) adalah wants(keinginan-keinginan)terhadap produk/jasa yang spesifik dan didukung oleh ketersediaan dana untuk membayar

Konsep Pemasaran

diagram(1)

Catatan :

Total Company effort = Total usaha perusahaan

Customer Satisfaction = Kepuasan Pelanggan

Ada 3 macam hal yang dipertimbangkan dalam pemasaran

  1. Consumer Satisfaction (Kepuasan konsumen)
  2. Total Company Effort (Total usaha perusahaan - red: untuk memenuhi kebutuhan konsumen)
  3. Profit or Other Long-term Measure (Laba atau Tujuan lain yang merupakan keuntungan jangka panjang)

Kepuasan konsumen adalah sejauh mana manfaat sebuah produk dirasakan (perceived) sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan - Amir, 2005. Kotler, 2000 - mengatakan bahwa kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja produk yang ia rasakan dengan harapannya. Kepuasan atau ketidakpuasan konsumen adalah respon terhadap evaluasi ketidaksesuaian atau diskonfirmasi yang dirasakan antara harapan sebelumnya dan kinerja aktual produk yang dirasakan setelah pemakaian - Tse dan Wilson dalam Nasution, 2004

Oliver (dalam Peter dan Olson, 1996) - menyatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah rangkuman kondisi psikologis yang dihasilkan ketika emosi yang mengelilingi harapan tidak cocok dan dilipatgandakan oleh perasaan-perasaan yang terbentuk mengenai pengalaman pengkonsumsian. Westbrook & Reilly (dalam Tjiptono, 2005) - mengemukakan bahwa kepuasan konsumen merupakan respon emosional terhadap pengalaman yang berkaitan dengan produk atau jasa yang dibeli. Gaspers (dalam Nasution, 2005) - mengatakan bahwa kepuasan konsumen sangat bergantung kepada persepsi dan harapan konsumen. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi dan harapan konsumen antara lain :

  1. Kebutuhan dan keinginan yang berkaitan dengan hal-hal yang dirasakan konsumen ketika sedang mencoba melakukan transaksi dengan produsen produk.
  2. Pengalaman masa lalu ketika mengkonsumsi produk dari perusahaan maupun pesaing-pesaingnya.
  3. Pengalaman dari teman-teman

Implementasi yang efektif dari konsep pemasaran membutuhkan keterlibatan karyawan dari semua departemen di semua tingkatan bisnis. Pelatihan harus disediakan dan karyawan harus termotivasi untuk mencapai tujuan bersama yaitu kepuasan pelanggan maksimum dan tujuan organisasi jangka panjang.

Pemasaran adalah total usaha perusahaan. Total usaha perusahaan berarti mencakup semua departemen dalam perusahaan tersebut. Masih banyak perusahaan dengan departemen yang membangun dinding pemisah dengan departemen lain dan menganggap dirinya paling penting dalam perusahaan. Pemasaran sebagai total usaha perusahaan menuntut semua departemen yang ada dalam perusahaan tersebut untuk mempunyai tujuan yang sama yaitu mencapai kepuasan konsumen.

Laba adalah tujuan utama dari perusahaan. Mungkin anda bingung karena di paragraf atas saya mengatakan bahwa tujuan utama dari perusahaan adalah kepuasan konsumen. Mana yang benar? Kepuasan konsumen atau Laba? Dua-dua nya benar dan berjalan pararel. Laba adalah tujuan utama perusahaan dilihat dari kacamata bisnis. Kepuasan konsumen adalah tujuan utama perusahaan dilihat dari kacamata pemasaran. Jika konsumen puas, maka dia akan melakukan repurchasing (pembelian kembali) dan memberikan laba/keuntungan bagi perusahaan dalam jangka panjang.